Saya Pilih Bumi adalah sebuah gerakan sosial yang dibentuk oleh National Geographic Indonesia di bulan September 2018. Gerakan ini berangkat dari kepedulian terhadap permasalahan sampah di Indonesia yang menjadikan Indonesia berada pada urutan kedua sebagai negara penyumbang sampah plastik terbanyak di laut setelah negara Tiongkok*. Tujuan terbentuknya gerakan ini untuk mengajak masyarakat melakukan perubahan perilaku dalam kegiatan sehari-hari agar menjadi individu yang lebih bijak dan bertanggung jawab terhadap limbah sampah, melalui tindakan-tindakan kecil yang dapat dilakukan sehari-hari.

Salah satu program dari Saya Pilih Bumi adalah Berbagi Kebaikan Untuk Bumi dengan mengajak masyarakat untuk mengganti kantong plastik sekali pakai dengan kantong belanja.

Saya Pilih Bumi juga memiliki harapan untuk meningkatkan dan mendorong kesadaran masyarakat akan bahaya sampah dimulai dengan program Ganti Kantong Kresek.

* Penelitan dari University of Georgia oleh Jenna Jambeck yang dimulai sejak tahun 2010 dan telah dipublikasi pada Wall Street Journal, ASEAN Post, World Atlas dan berbagai media.